Tips buat perasaan yang gundah dan nggak mood


TIPS MERUBAH MOOD MENJADI LEBIH BAIK (buat yang perasaan nya gundah dan gak mood ^_^)

Moody : gak mood

Saya juga adalah orang yang sangat Moody. Kalau kita Moodnya bagus terus sih tidak apa-apa, tetapi kalo mood yang jelek terus datang ?? Apa yang bisa saya lakukan. Tidak semangat menjalani hidup, banyak Tidur, Bermalas-malasan, dan melakukan hal-hal yang membuang waktu saja, padahal banyak pekerjaan yang penting yang saya bisa lakukan.

Apalagi ketika mood jelek itu datang ketika kita sudah memiliki pekerjaan. Wah, harus buat laporan, rapat, dan presentasi penting, tetapi mood hari ini kok jelek ya. Ingin membolos, cari mati namanya…tetap berangkat males rasanya.

Begitu juga yang masih sekolah. Kalo pengalaman saya dulu, kadang-kadang ranking 5 besar, kadang-kadang 30 besar !!. setelah saya pikir lagi, semua ditentukan oleh mood saya di kelas dan ketika belajar, misal mood saya terhadap guru, pelajaran, teman, dan bahkan cuaca. hehehe

Mood memiliki kekuatan yang besar dalam kita menjalani kehidupan kita. Bahaya kalo kita terus-terusan moody dan akhirnya menjadi manusia yang biasa-biasa saja dan penuh penyesalan.

So, saya pun akhirnya memutuskan untuk berubah, terutama bagaiamana sih merubah mood saya.

Nah setelah sekian lama belajar mengubah mood dan perasaan, Inilah tips yang bisa teman pakai untuk bisa mengontrol mood jelek teman dan mengubahnya menjadi lebih baik.

Jadi ini lah tipsnya :

1. UBAH GERAK dan SIKAP TUBUHMU !!!

Coba deh kalo sobat sedang moodnya atau perasaannya sedang jelek pasti kaya kartun dibawah ini

sukarsa

Nah dari kartun diatas, Kita dapat membedakan seseorang yang moodnya bagus dengan yang tidak. Jadi jika teman tidak moodnya sedang jelek dan tidak bersemangat, cobalah mengubah gerakan tubuh teman menyerupai mereka gerak tubuh seseorang yang gembira, bahagia, dan bersemangat :

1. Selalu tersenyum ketika tidak bisa, Cobalah Tersenyum.
2. Tegakan badan dan kepala, jangan loyo !!
3. Coba Berjalanlah lebih cepat.

Ketiga hal ini ketika dilakukan akan membuat perasaan teman yang tidak bersemangat menjadi lebih bersemangat !!. Coba deh…😀

2. UBAH FOKUS !!

rega

Kalo kartun diatas sih contoh snoopy yang pemalas..hehehe…
Tetapi jangan juga kaya si Charlie Brown, karena sadar gak kalau kita lebih sering fokus pada hal-hal yang buruk atau cemas sesuatu yang buruk akan terjadi. Pola fokus itu juga membuat mood buruk kita makin menjadi.

Nah, Cobalah untuk melakukan hal ini ketika teman merasa moodnya sedang buruk :

Ubah fokus kita ke hal-hal atau pengalaman yang menyenangkan / lucu / gembira / positif.

Bahkan ketika gak ada pengalaman yang menyenangkan, lucu, gembira pun te bisa berimajinasi sendiri. Mengubah fokus penting karena bisa saja mood buruk itu datang karena kita mendapatkan pengalaman buruk atau cemas terhadap sesuatu. Ketika itu datang dan mulai merasuki dirimu, segera ubah fokusmu . Be Optimis saja karen kita adalah tuan bagi diri kita. Jangan mau hidup kita dikendalikan oleh bad mood kita. OK?

Remember, Your Map Is Not Your Teritorry = Dirimu bukanlah tubuhmu dan apa yang kamu pikirkan, Perluaslah !!

 

3. UBAH ARTI / PERSEPSIMU !!

 

rega

rega sukarsa merubah rasa mood

anda mungkin pernah membaca di surat kabar bahwa tingkat pengangguran yang tinggi dan kehidupan ekonomi yang semakin sulit menyebabkan banyak orang bunuh diri. Atau Tingkat kejahatan yang makin tinggi dan sering terjadi. Kedua hal itu jika tidak diartikan dengan tepat, akan membawa anda ke arah depresi atau terkena mood buruk yang sudah akut.

Jadi, Siapa yang memberi arti hidup anda? jawabannya adalah DIRI ANDA SENDIRI.

Si A menganggap dirinya (mungkin) dari orang yang tidak berada, Keluarganya tidak akur, Suka diejek orang, ditambah fisik yang tidak sempurna. Jadi apa yang Teman pikirkan akan dilakukan oleh si A?
Bisa Jadi mungkin dia akan mengambil jalan pintas untuk depresi akut lalu bunuh diri.

Tetapi tunggu dulu, si A dengan kondisi yang hancur seperti itu, dia memberi makna lain hidupnya.
“Aku harus berusaha lebih keras dan menghargai diri sendiri sehingga orang lain akan menghargai saya juga.”
Dengan arti yang diberikan oleh si A kepada dirinya ini, kemungkinan dia untuk maju dan terus maju akan lebih terbuka.

SO, APA ARTI HIDUP SOBAT? PILIH YANG TERBAIK YA !!

 

4. UBAH LINGKUNGAN MU !!

 

kartun

 

Jika kita sehari-hari di kantor, Ruang Kelas atau kuliah, cobalah berlibur untuk menemukan lingkungan yang berbeda. Atau bisa juga mencari kesibukan baru, menjalani hobi, dan gabung dengan komunitas yang baru.

Nah, Oleh karena itu FACEBOOK jika digunakan dengan benar bisa menjadi alternatif kita. Saling berbagi di dunia maya, tergabung di forum hobi atau komunitas yang sama, lalu kumpul rutin antar regional atau komunitas. All in One !!

Nah Hal diatas ini sangat berguna untuk menyegarkan suasana hati kita dan bahkan secara medis bisa juga untuk pemulihan sel-sel tubuh kita. Keren Kan !!

5. MERUBAH INPUT

 

sukarsa rega

tips bergambar rega

Ketika habis putus kita cenderung mendengarkan lagu sedih ditinggal dan dikhianati kekasih pacar. Begitu juga kalo sedang sedih.
Namun bisa saja kebalikannya, ketika kita lagi semangat lalu mendengarkan lagu dan film sedih, bisa jadi kita malah ikut-ikutan mellowww.

So, Ganti Musikmu, ganti film, acara TV, dan apa yang kamu baca sebagai inputmu, ketika hawa bad mood mulai datang.
Setel lagu Bon Jovi yang It’s My Life,ketika hidupmu sedang penuh tantangan.
atau Limp Bizkit-My way, ketika kamu sedang memutuskan jalan hidup yang kamu tahu itu tidak mudah
Bisa juga Linkin Park yang What I’ve Done, ketika kamu melakukan kesalahan dan kamu tahu harus belajar dari kesalahan itu untuk berubah menjadi lebih baik .

Film dan buku bisa banyak lagi. So, Pilihlah input yang membuat diri anda selalu bahagia setiap saat. OK!!

SEMOGA BERMANFAAT ^_^

By: Muktashim Billah Djamal

Thank you for visiting

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s